Kamis, 01 November 2012
Tugas Prof.Dr. Slameto Analisis Video
Nama : Candra Krismita .T 292010284
Alfian Hadiyanto 292010286
Kelas : RS10J
MBS
Pengampu: Prof. Dr. Slameto
Video Pertama
1. Konsep-konsep apa saja yang ditayangkan?
Jawab:
Dari yang ditanyangkan video tadi terdapat konsep pembelajaran PAKEM di
dalam pembalajaran tadi. PAKEM itu sendiri adalah Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif, dan Menyenangkan. PAKEM di dalam video sudah terlaksana dengan baik.
Terbukti di dalam pembelajaran sudah menyenangkan dan menaktifkan peserta didik,
dan guru sudah kreatif untuk memanfaatkan lingkungan sekitar kelas sehingga
peserta didik dapat langsung mendapatkan pengalaman belajar. Serta terbukti
efektif dengan kopetensi peserta didik sudah tercapai untuk materi tanaman toga.
2. Apa kesimpulan berdasarkan kajian teori ini?
Jawab:
Sebuah pendekatan pembelajaran PAKEM mengaktifkan pesertadidik dalam
pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan. Serta pembelajaran ini
lebih mengaktifkan murid untuk mendapatkan pengalamannya sendiri.
3. Apa implikasi praktisnya?
Jawab:
Pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan lingkungan sikitar, dan
menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi karena pada anak usia SD
ingatannya akan lebih melekat bila siswa itu yang mengalami sendiri. Anak SD juga
akan lebih mudah belajar dan mengingat pelajaran apabila menggunakan alat peraga
dan benda-benda konkrit sederhana yang ada di lingkungannya.
Video Kedua
1. Konsep-konsep apa saja yang ditayangkan?
Jawab:
Pembentukan dan pengembangan kurikulum di tingkat satuan pendidikan
yang melibatkan partisipasi kepala sekolah, dewan guru, orang tua dan siswa.
2. Apa kesimpulan berdasarkan kajian teori ini?
Jawab:
a. Kurikulum dibentuk oleh kepala sekolah, dewan guru, dan orang tua
b. Pertisipasi orang tua/ wali murid diajak dalam menentukan strategi pembelajaran,
tujuan pembelajaran, dan harapan.
c. Orang tua diajak berdiskusi dalam menentukan kegiatan sekolah
d. Orang tua sabagai sumber belajar, misalnya materi macam pekerjaan
e. Orang tua dan siswa diajak berdiskusi dalam menentukan rencana pembelajaran.
3. Apa implikasi praktisnya?
Jawab:
a. Mengajak dewan guru, orang tua siswa, dan siswa itu sendiri untuk ikut serta
dalam pembentukan kurikulum dan berbagai kegiatan di sekolah yang direncanakan
terlebih dahulu.
b. Merefleksikan dengan budaya dan lingkungan (keadaan alam) daerah sekitar.
Program MBS (Creating Learning Comunities for Children) peningkatan mutu SD melalui MBS, pern serta masyarakat dalam PAKEM
Kejasama antara UNESCO, UNICEF, ENZAIK.
dIupload di blog kelas, no 1
Diberi pengantar, dilebokke film mau nang koment.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar