Guru = Di Gugu Lan Di Tiru

Rabu, 26 September 2012

Tugas Manajemen Berbasis Sekolah Helda Christy Ratnasari 292010274

Hasil Monitoring MBS s/d 2008 Pada 8 Kab/Kota Kerjasama Unicef/Unesco Kesimpulan & makna dari kajian dan data hasil monitoring MBS: Kesimpulan: 1. Dalam hal manajemen memiliki persentase tertinggi yaitu 76,04% yang berarti sekolah yang baik memiliki manajemen baik pula. Disini yang berperan arktif adalah kepala sekolah. 2. Dalam pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan kurang berjalan dengan baik. Dapat terlihat dari presentase sekolah yang melaksanakan hanya 50% saja. 3. Partisipasi masyarakat juga dirasa kurang. Sekolah yang dipandang baikpun memiliki presentase partisipasi masyarakat yang lemah yaitu hanya berkisar di 45% saja. 4. Dalam kegiatan pembelajaran guru kurang optimal dalam penyampaian materi. 5. Peserta didik tidak bisa mandiri dalam menyelesaikan tugas penuh. 6. Peserta didik kurang leluasa dalam proses pembelajaran karena guru lebih cenderung mengajarkan materi yang kurang unik. Saran yang diberikan: 1. Dengan manajemen sekolah yang sudah baik, diharapkan guru mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif , efektif dan menyenangkan. Sehingga peserta didik dapat belajar dengan leluasa. 2. Guru diharap lebih menambah pengetahuan dan kreatifitas dalam mengajar, sehingga penyampaian materi kepada siswa lebih mudah. 3. Sekolah diharapkan memberi keleluasaan terhadap masyarakat sehingga masyarakat dapat memberi sumbangan saran untuk perkembangan pembelajaran di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar