Guru = Di Gugu Lan Di Tiru

Rabu, 26 September 2012

Tugas Manajemen Berbasis Sekolah Maria Nur Afwidah 292010272

Hasil Monitoring MBS s/d 2008 Pada 8 Kab/Kota Kerjasama Unicef/Unesco Kesimpulan & makna dari kajian dan data hasil monitoring MBS : 1. Dari data diatas disebutkan bahwa MBS itu mempunyai 3 pilar yaitu Manajemen, Pakem, PSM. Ketiga pilar ini harus berjalan, jika tidak maka pelaksanaan MBS tidak maksimal. 2. Untuk pelaksaan MBS yang baik di dasarkan adanya peran monitorning dan evaluasi dari semua pihak terutama guru. 3. Dari data yang sudah ada pilar manajemen itu sudah baik karena menunjukkan presentase 76.04%. intinya pihak sekolah sudah melakukan tanggung jawabnya dengan baik, dengan mengetahui apa saja yang digunakan, dibutuhkan oleh siswa dan masyarakat sekitar. 4. Dalam PAKEM pembelajarannya kurang baik, terlihat bahwa presentasi sedang lebih tinggi dari presentasi baik. Presentasi sedang 59.38%, dari presentasi itu bisa disimpulkan bahwa guru kurang optimal dalam penyampaian materi dan kurangnya menjalankan manajemen sekolah. 5. Partisipasi masyarakat kurang. Dari data diatas menunjukkan bahwa masyarakat itu kurang berperan dalam MBS. 6. Penerapan MBS disekolah-sekolah belum berjalan dengan maksimal karena adanya kendala-kendala. Saran yang saya berikan : 1. Dengan adanya PAKEM diharapkan dapat mencapai kegiatan Contohnya : a. Guru mampu mendesain dan menggunakan lingkungan sekitar sebagai alat bantu mengajar b. Siswa berani bertanya, dan mengemukakan pendapat 2. Rendahnya kualitas SDM di Indonesia dan rendahnya kualitas pendidik di indonesia merupan salah satu kendala di dalam penerapan MBS. Maka yang harus kita perbaiki agar MBS bisa berjalan dengan baik dan maksimal maka pendidik/guru dituntut untuk profesional mengajar dan menjalankan manajemen sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar