Guru = Di Gugu Lan Di Tiru

Jumat, 24 Februari 2012


Sehat itu Health
            Semua orang pasti setuju bahwa air di dunia ini sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Air juga diperlukan tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan kelangsungan hidupnya. Selain untuk dirinya sendiri tumbuhan juga menjadi produsen untuk manusia dan binatang, tumbuhan juga menjadi elemen dasar dari rantai makanan dan piramida makanan. Untuk binatang tertentu, air selain untuk diminum, air juga menjadi tempat tinggal mereka, misalnya di sungai, laut, dll. Selain itu tubuh kita juga tersusun dari 80% air.
            Tumbuhan terdiri dari organ penting seperti akar, batang dan daun. Tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari yang disebut fotosintesis. Hasil dari proses fotosintesis ini tidak hanya berguna bagi tumbuhan saja, tapi juga berguna bagi manusia dan hewan. Tubuhan tidak hanya menghasilkan glukosa atau gula (C6H12O6) bagi dirinya tetapi juga menghasilkan oksigen (O2). Oksigen inilah yang berguna untuk manusia dan hewan bagi kelangsungan hidupnya karena diperlukan untuk proses respirasi.
            Tumbuhan juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mencegah berbagai problem yang terjadi akhir-akhir ini seperti isu pemanasan global yang terjadi karena kadar karbondioksida yang melebihi batas. Perlu disadari tumbuhan hijau sangat diperlukan bumi terutama di daerah perkantoran dan kota-kota.  Tumbuhan hijau ini perlu ditanam di lingkungan tersebut terutama karena disana banyak kendaraan yang menyebabkan polusi dan membawa karbondioksida. Padahal kandungan zat seperti inilah yang mempunyai peran besar terhadap pemanasan global dan keadaan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Dari sini perlu diperhatikan bahwa tumbuhan hijau dapat mengurangi polutan seperti karbondioksida (CO2) dan zat lainnya yang berbahaya.
Beberapa catatan yang bisa diperoleh manusia dari tumbuhan hijau antara lain :
ü  Tumbuhan hijau berperan sebagai paru-paru dunia. Tanaman yang kaya dengan klorofil akan menghasilkan gas oksigen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia untuk respirasi.
ü  Tumbuhan hijau berfungsi sebagai stabilisator lingkungan. Adanya sekumpulan tumbuhan hijau di suatu wilayah akan membawa suasana lingkungan menjadi sejuk karena banyak oksigen.
ü  Tumbuhan hijau merupakan  penyeimbang alam. Adanya tumbuhan hijau akan memungkinkan makhluk lainnya untuk tinggal disekitarnya.
ü  Tumbuhan hijau juga berfungsi sebagai tempat berlindung dari kondisi alam yang kurang baik seperti angin kencang, panas terik matahari, hujan, debu dan polusi.
ü  Tumbuhan juga bisa difungsikan sebagai keindahan.
ü  Tumbuhan hijau adalah salah satu factor penjaga kesehatan.
ü  Tumbuhan hijau juga mempunyai nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki perekonomian.
ü  Bagi daerah pegunungan dapat berfungsi sebagai pencegah tanah longsor dan bagi daerah dataran rendah juga dapat mencegah datangnya banjir.
            Sehat juga selain memperbanyak makanan berserat seperti tumbuhan sehat juga akan lebih baik dengan memakan daging, daging akan membawa lemak pada tubuh kita untuk cadangan energi yang mungkin kita butuhkan nanti. Daging ini pastinya bisa kita dapatkan dari hewan, daging juga mempunyai banyak kebaikan, namun apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan membawa masalah pada tubuh kita. Misalnya jantung kita akan terhimpit lemak apabila badan kita terlalu gemuk akibat terlalu banyak makan daging yang berlemak. Namun daging yang kita makan dapat dinetralisir dengan serat dari tumbuhan hijau yang kita makan.
            Makan daging dan sayur akan lebih baik apabila dilengkapi dengan nasi dan buah supaya kandungan dari apa yang kita makan menyehatkan bagi tubuh kita. Dalam nasi terkandung karbohidrat yang mengenyangkan tubuh kita yang nantinya berfungsi sebagai sumber energy tubuh kita.
            Dalam buah dan sayur terkandung banyak vitamin yang kita butuhkan untuk menyehatkan tubuh kita. Vitamin A bisa kita dapatkan dari wortel yang biasa kita makan untuk sayur sup. Dalam wortel terkandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita. Wortel bisa kita olah menjadi jus yang segar dan sehat.
            Vitamin C bisa kita dapatkan dari cabai, buah tomat, belimbing, mangga, dan buah lainnya yang biasanya berasa masam. Vitamin C ini baik untuk kekebalan tubuh dari penyakit-penyakit yang biasanya menyerang tubuh kita. Pada sakit sariawan misalnya, bisa kita cegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Dan masih ada banyak vitamin lagi dari buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh kita.
            Pelengkap dari makanan yang kita makan adalah susu, tidak heran karena susu membawa banyak kasiat untuk tubuh kita. Yang sering kita tahu manfaat dari susu adalah kesehatan gigi dan tulang kita. Tahukah kamu bahwa susu itu dapat mencegah datangnya osteoporosis, dan bagi anak-anak dapat membuat pertumbuhan tulang anak menjadi tinggi. Susu juga dapat mempercantik kulit dan membuatnya lebih bersinar.

            Agar hidup kita menjadi sehat, berikut ada tips hidup sehat :
1.    Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik.
2.    Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.
3.    Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami.
4.    Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.
5.    Perbanyak minum air putih mineral minimal 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.






Daftar Pustaka
http://www.cancerhelps.com/pola-hidup-sehat.htm 18 Feb 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar